PUTARAN BUMI



...

Dulu manusia pernah beranggapan bahwa Bumi sebagai pusat alam semesta, langit beserta bintang, planet, bulan dan Matahari yang beredar mengelilingi Bumi. Pandangan bahwa bola Bumi berotasi baru dibuktikan pada abad 18 dengan ayunan Foucolt.

Sebenarnya, sukar dibayangkan sebuah bola sebesar Bumi berputar atau berotasi, ada sumbu putarnya.

Sebuah bola raksasa berputar tak berhenti dalam jangka waktu yang sangat lama. Bola Bumi berputar ke arah timur, searah dengan revolusi Bumi mengelilingi Matahari. Lama perputarannya 23 jam 56 menit, sekitar 4 menit lebih cepat dari sehari jam Matahari. Jam matahari selain memperhitungkan rotasi Bumi juga revolusi Bumi, sehari menempuh busur pada lingkaran orbitnya (ekliptika) mengelilingi Matahari sekitar 1 derajat.

Di sebuah titik di alam semesta yang luas ini, Allah memperhatikan dan memelihara hambanya mencukupi rezekinya, menurunkan Al-Qur’an, mengutus Rasullulah menyampaikan dan mengajarkan al Qur’an, sehingga perjalanan 14 abad yang silam hadir di tengah-tengah kehidupan kita dewasa ini, di tengah hiruk pikuk dunia.

Kita hidup di zaman yang terpisah 14 abad dengan Rasullulah saw, di zaman ilmu pengetahuan sudah berkembang, selayaknya lebih mudah menerima kebenaran al Qur’an, mengetahui maksud ayat al Qur’an, mengetahui lebih banyak kemegahan alam semesta yang diciptakanNya dan bersujud lebih dalam atas kemahabesaran-Nya.[]







© 2016 Iqro - Petualangan Meraih Bintang. All rights reserved , Powered By nanangkristanto.com